Kamis, 14 Juni 2012

Akhirnya (flash fiction)

Tulisan di bawah ini adalah flash fiction berdasarkan foto salah satu anak di Lapak Pemulung. Flash fiction ini dibuat dalam rangka perlombaan di ANJANGSANA Komunitas Serambi Sastra di bawah naungan FLP Ciputat.



Siang itu, matahari semakin berani menampakkan dirinya. Perlahan, cahayanya mulai menembus kaca di gerbong kereta yang sedang kami tempati. 


“Kakak lihat deh.” Kata seorang anak sambil menarik bajuku.

“Apa?”

“Ini hasil usaha kakak mengajariku selama ini.”

Aku melihat selembar kertas yang dia sodorkan padaku. Di kertas itu aku melihat sebuah kata yang dia tulis, “EDI.”

“Ini hasil tulisanmu?” tanyaku takjub.

“Ia dong, Ka. Selama ini kan Kakak ngajarin aku membaca dan menulis. Ini hasil tulisanku yang pertama kali.” 

Aku terdiam. Baru saja sebulan yang lalu aku mengajarinya membaca dan seminggu yang lalu mengajarinya menulis, namun perkembangannya sudah secepat ini. 

Dugaanku selama ini ternyata salah. Tidak semua anak jalanan malas untuk belajar. Buktinya, anak yang ada di hadapanku sekarang ini cepat sekali menerima ilmu yang aku beri. Walau di awal-awal belajar dia malas, tetapi kini dia sudah bisa membaca dan menulis.

Oleh: Gita Rizki Hastari

0 komentar:

Posting Komentar